• Assalamu alaikum dok. Istri saya yang umurnya 22 tahun sering mengalami nyeri di panggulnya. Awalnya sih dia mengeluhkan sakit pada perut bawah sebelah kiri, kemudian dia merasakan nyeri pada panggul sebelah kiri sehingga dia tak bisa brdiri saking sakitnya, setelah minum obat penghilang rasa sakit, sakitnya  hilang. Kejadian seperti ini selalu berulang dengan interval sebulan, seminggu atau dua minggu.bahkan rasa nyerinya turun kepaha dan sering bergantian antara panggul kiri dan kanan. itu gejala penyakit apa ya dok ?

    terima kasih..

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri panggul bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan ini sering dialami oleh beberapa individu baik pada usia tua maupun juga saat usia muda. Berikut kemungkinan penyebab keluhan nyeri panggul yaitu antara lain:

    1. Akibat gangguan pada muskuloskeletal. Biasanya keluhan nyeri akan berhubungan dengan posisi tubuh tertentu dan terkait faktor aktivitas yang menjadi salah satu faktor pencetus. Gangguan muskuloskeletal bisa terjadi pada otot, sendi ataupun pada tulang.
    2. Batu di saluran urinaria (saluran kemih) juga bisa menyebabkan keluhan nyeri panggul yang sangat hebat, tergantung dari ukuran batu, lokasi saluran kemih yang terkena dan lain sebagainya. Biasanya ada keluhan lain yang menyertai misal gangguan saluran kemih, mual, muntah atau gejala lain.
    3. Infeksi saluran kemih juga bisa menjadi faktor penyebab keluhan nyeri perut dan panggul. Selain ada gangguan saat berkemih, juga biasanya disertai demam.
    4. Infeksi pada organ reproduksi juga bisa menyebabkan keluhan nyeri panggul pada wanita.
    5. Pelvic inflamatory disease atau peradangan pada rongga panggul wanita menjadi salah satu penyebab tersering.
    6. Penyebab lainnya

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan istri anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Panggul Hingga Ke Paha

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.