• Saya wanita 19 tahun, beberapa hari ini mengalami nyeri di bagian panggul sebelah kanan belakang, untuk membungkuk rasanya nyeri. Ketika bab dalam posisi jongkok saya harus menahan tubuh saya agar tidak sakit. Untuk duduk menyandar juga sakit. Gimana ya dok, apa yang harus saya lakukan. Terimakasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri panggul bisa dialami oleh tiap individu baik usia tua maupun usia muda. Penyebabnya beraneka ragam. Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, kemungkinan terjadi karena adanya gangguan pada muskuloskeletal yang bisa terjadi pada otot, tulang ataupun sendi. Lokasinya bisa saja pada tulang ekor, atau tulang panggul atau masalah pada ototnya. Trauma atau benturan pada area yang nyeri, faktor pekerjaan seperti duduk terlalu lama atau salah posisi duduk, kebiasaan melakukan aktivitas angkat beban berat bisa mengalami sakit pada area panggul. Kelainan yang terjadi bisa karena fraktur atau patah tulang, dislokasi sendi dan tulang, kram otot, atau bisa juga karena saraf yang terjepit.

    Biasanya keluhan nyeri panggul berhubungan dengan posisi tubuh tertentu. Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Pengobatan awal bisa diberikan obat penghilang nyeri baik obat topikal (oles) ataupun obat minum seperti asam mefenamat, ibuprofen, natrium diklofenak dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Panggul, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.