• selamat malam dok.

    Sy mengalami nyeri pinggang sudah hampir setahun. Awalnya pada saat sy pindahan rumah. Namun nyeri kadang-kadang saja. Kalau sy duduk atau berdiri terlalu lama maka akan terasa nyeri pinggang sy. Untuk meredakannya sy tidur terlentang beberapa menit. Nyeri nya jg sampai ke kaki. Apakah saraf terjepit, kurang minum, atau terlalu byk minum kopi. Sy memang coffee holic. Kopi hitam bisa 4 gelas sehari. Mohon pencerahannya dan cara pengobatannya. Thx before.

    Selamat pagi terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Memang tidak mudah untuk menentukan penyebab pasti sakit pinggang yang dialami, gangguan bisa saja berasal dari otot-otot, tulang belakang, persendian, dan saraf.

    Di samping itu sakit pinggang juga bisa berasal dari organ dalam, seperti adanya batu ginjal, radang atau infeksi ginjal, batu empedu, dan gangguan pada pankreas.

    Pada kelompok pertama (otot-otot, tulang belakang, persendian, dan saraf) sakit pinggang biasanya dirasakan lebih berat atau munculnya dipengaruhi oleh gerak tubuh atau kelelahan, misalnya muncul ketika duduk lama,  setelah mengangkat benda berat, dan sebagainya.

    Jika hal itu berlangsung lama, maka lebih dimungkinkan gangguan berasal dari tulang, sendi, atau saraf.

    Sedangkan pada kelompok kedua sakit pinggang biasanya muncul kapan saja, tidak dipengaruhi oleh gerak tubuh, artinya diam saja atau tubuh posisi istirahat tetap saja sakit. Jadi kemungkinan nya kecil untuk kondisi bapak.

    Dengan demikian, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk dapat diketahui dengan pasti penyebabnya.

    Mengenai kebiasaan minum kopi saya rasa tidak ada pengaruhnya, namun demikian jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena dikhawatirkan muncul efek kesehatan lainnya yang tidak diharapkan.

    Sekian, semoga membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Nyeri Pinggang yang Lama

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.