• dok,maaf mau tanya.

    saya 3,5 bln yg lalu saya prnah kecetit (pinggang tiba2 sakit saat mengangkat barang) dan pernah jatuh kepleset jua. dan akhir2 ini pinggang bagian bawah kadang nyeri,kadng tidak walau tidak mengganggu aktifitas kerja saya. itu knpa ya dok?

    terus kadang lutut,betis dan tumit sebelh knan juga nyeri (cenut2 gtu kyk lama ditekuk / setelah lama tidak olahraga trus olahraga kyk gt,dok) waktu saya banyak jalan dan berdiri lama. itu knpa ya, dok?

    terima kasih

    Selamat siang

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pinggang merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa individu. Penyebanya sangat banyak sekali, namun salah satu yang tersering adalah karena adanya gangguan pada otot, tulang dan sendi atau biasa disebut gangguan muskuloskeletal. Salah satu faktor pencetus dari keluhan ini adalah karena sikap tubuh yang kurang baik saat melakukan aktivitas sehari – hari, durasi kerja yang terlalu lama tanpa ada peregangan dan lain sebagainya. Pekerja yang sering melakukan aktivitas angkat beban berat ataupun pekerja yang selalu duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya sering mengeluh mengalami sakit pinggang.

    Keluhan nyeri di lutut, betis, dan tumit setelah berolahraga merupakan hal yang lazim terjadi. Biasanya hal ini terjadi pada seseorang yang tidak terbiasa berolahraga sehingga otot – otot pada daerah tersebut kaku dan tak terlatih. Namun hal ini wajar terjadi. Semakin terbiasa anda berolahraga maka keluhan ini akan menghilang.

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi bagian tubuh mana yang terkena serta penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Pinggang Sebelah Kanan, Apa Penyebab dan Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.