• permisi tanya dok, 5 tahun yang lalu saya kepeleset dan kena tulang ekor saya. waktu itu rasa sakitnya tidak sampai berhri-hari, tapi sejak saat itu saya merasa nyeri pada tulang ekor saya, dan sekrang terasa lebih parah (kumat terjadi lebih sering), jika saya dari posisi duduk ke tidur (terlentang)/ menunduk ke berdiri tegak, punggung bawah wsaya nyeri, dan jika saya paksakan lurus dengan cepat maka nyeri terasa sampai ke tulang ekor.  lutut saya juga kadang terasa nyeri jika naik turun tangga. tahun lalu saya juga merasa nyeri tulang rusuk, dan kumat jika saya dari posisi tidur tengkurap ke terlentang atau kapan saja jika saya sudah merasa .saya tidak pernah punya riwayat penyakit serius apapun, dan tidak ada penyakit menurun, kira-kira, ini saya kenapa ya dok dan apa yang harus saya lakukan? terimakasih banyak sebelumnya dok. sekarang saya masih 16 thn  dan saya kepeleset waktu saya SD.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pada tulang ekor termasuk ke dalam nyeri punggung bawah (NPB) atau low back pain (LPB). Keluhan ini kebanyakan terjadi karena aktivitas – aktivitas tertentu yang menyebabkan peregangan yang berlebihan atau karena pergerakan yang kurang baik. Ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan keluhan nyeri pada tulang ekor antara lain karena faktor usia, jenis kelamin, faktor pekerjaan, olahraga atau aktivitas, hingga karena berat badan yang berlebihan (obesitas) yang dialami oleh pasien.

     

    Jika dilihat dari faktor mekanik,  kegiatan – kegiatan seperti postur tubuh yang salah saat bekerja, posisi duduk yang salah dan terlalu lama, adanya trauma atau benturan pada bagian tulang ekor, dan lainnya sering menjadi penyebab keluhan nyeri pada bagian tulang ekor. Pada kasus anda, riwayat benturan pada tulang ekor kemungkinan besar menjadi penyebabnya. Namun Ada baiknya anda memeriksakan kondisi anda secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda, apakah nyeri terjadi memang benar pada tulang ekor atau bagian tubuh lainnya.  Jika memang karena bermasalah pada bagian tulang ekor, juga perlu dicari tahu secara lebih detail apakah karena dislokasi tulang, tulang yang patah atau karena sebab lainnya. Untuk memastikannya memang perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan atuapun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Nyeri Tulang Ekor, Tulang Belakang, dan Lutut.

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.