• Siang dokter..saya sudah 2 hari ini merasakan nyeri di ulu hati,,dan kalau menelan makanan terasa sakit jg di ulu hati…kira-kira saya cuma menderita maag , atau knapa ya dok? Dan obat apa yang cocok? Trimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati memang kerap berkaitan dengan gangguan pada lambung atau yang biasa disebut juga sebagai dispepsia. Keluhan ini biasanya terjadi setelah konsumsi makan makanan pedas dan berminyak , akibat faktor telat makan, stress, ataupun konsumsi makanan yang mengiritasi lambung lainnya seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    1. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    2. Hindari stress yang berlebihan yang dapat meningkatkan asam lambung
    3. Istirahat
    4. Konsumsi obat untuk menurunkan asam lambung atau melindungi mukosa lambung misalnya dengan konsumsi obat golongan proton pump inhibitor, antasid, golongan anti histamin dan lain sebagainya

    Namun ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Obat – obatan sebainya dikonsumsi atas anjuran dokter yang memeriksa langsung anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    9 Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Obatnya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Ulu Hati dan Sakit Ketika Makan/Minum

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.