• dok..saya saat ini sedang menyusui..saya terkena cantengan sudah 2 bulan…kondisi saat ini msh bengkak..kulit di sekitar merah2..keluar air dan gatal..saya selama ini mengobati dengan bawang merah atau jahe..sudah tidak ada nanah…apakah kondisi keluar air dan bengkak isi air disertai dengan gatal itu tandanya ingin sembuh?saya memecahkan gelembung airnya dan menyebar..apa yg harus saya lakukan?dan obat apa yg harus saya minum??trima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan paronikia merupakan infeksi yang terjadi pada jaringan di sekitar kuku, seringkali terjadi pada ibu jari kaki. Infeksi yang terjadi bisa karena bakteri, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Gejala yang muncul bisa berupa kemerahan pada kulit di sekitar kuku, rasa nyeri, bengkak, keluar cairan hingga nanah dari sela – sela kuku, bahkan jika infeksi menyebar ke kuku maka kuku bisa mengalami nekrosis (mati) sehingga harus dilakukan ekstraksi atau pencabutan kuku dengan harapan kuku baru yang tak terinfeksi bisa tumbuh dan menggantikan kuku yang rusak.

    Pada kasus anda kemungkinan infeksi masih terjadi dan belum ada penyembuhan karena bengkak disertai keluarnya cairan masih terus berlangsung. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter agar dapat diketahui sejauh apa penyebaran infeksi telah berlangsung. Pengobatan yang diberikan tergantung penyebaran penyakitnya. Umumnya pengobatan dapat diberikan antibiotik dan obat simptomatik berupa obat penghilang nyeri dan juga anti inflamasi untuk mengurangi keluhan bengkak dan nyeri yang dirasakan. Obat harus diberikan oleh dokter agar dapat dipilihkan obat yang aman untuk ibu menyusui. Namun jika berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui kuku sudah mengalami nekrosis maka seperti yang saya sampaikan sebelumnya maka perlu dilakukan ekstraksi kuku.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Cantengan untuk Ibu Menyusui

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.