• kortikosteroid itu untuk penyakit gatal apa saja dok?
    setau saya kortikorteroid adalah sejenis hormon dalam tubuh. tapi di artikel anda tertulis kortikosteroid adalah obat, yang anda maksud bagaimana dok?
    trimakasih..

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kortikosteroid merupakan obat sintetik hormon steroid yang banyak digunakan untuk berbagai macam tujuan medis, antara lain sebagai obat anti inflamasi (anti peradangan), obat asma, obat alergi dan lainnya. Kortikosteroid mempunyai efek menyerupain hormon steroid yang dihasilkan secara alami dalam tubuh kita. Saat diresepkan oleh dokter dalam kadar tertentu, kortikosteroid dapat menekan proses inflamasi (peradangan), maka steroid sering diberikan pada penyakit – penyakit dengan proses inflamasi di dalamnya seperti arthritis (radang sendi), asma (proses peradangan pada saluran pernapasan) dan lain sebagainya.

    Kortikosteroid juga bisa menekan sistem imun tubuh manusia, sehingga sering diberikan pada penyakit – penyakit dengan respon imun berlebihan yang bisa menyerang jaringan. Kortikosteroid sering digunakan untuk penyakit – penyakit yang berkaitan dengan proses alergi.

    Obat kortikosteroid bisa digunakan dengan beberapa cara, mulai dalam bentuk sediaan obat topikal seperti krim, salep yang biasa digunakan untuk kasus – kasus yang mengenai kulit. Untuk penggunaan oral juga kortikosteroid bisa dalam bentuk tablet, kaplet, dan lain sebagainya. Selain itu bisa digunakan dalam sediaan spray (inhaler) yang biasa digunakan untuk penyakit asma. Selain itu ada juga sediaan injeksi kortikosteroid yang dapat digunakan untuk beberapa kondisi yang lebih mengkhawatirkan..

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Gatal Kortikosteroid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.