• Siang dok sya mau tanya, temen bilang suruh minum obat clomiphene citrate soalnya  teman saya minum obat kesuburan ini langsung hamil. yg mau saya tanyakan boleh gak saya komsumsi obat ini tanpa resep dokter. trima kasih dok

    Sebelmnya pernh kista ovalium tp udh dangkt ap boleh minum obt itu dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk bisa hamil sebenarnya bukan hanya tergantung pada obat hormonal ataupun suplemen tertentu, namun harus dipastikan apakah kondisi sel telur dan sperma anda dan juga pasangan memang dalam kualitas dan kuantitas yang baik. Selain itu kesehatan organ – organ reproduksi anda dan suami harus berada dalam kondisi yang baik. Obat clomiphene citrate adalah golongan obat non steroid yang berperan untuk menstimulasi atau merangsang terjadinya ovulasi pada wanita. Clomiphene bekerja pada jaringan yang memiliki reseptor estrogen, seperti hipotalamus, hipofisis, ovarium (indung telur), uterus ( rahim), vagina, dan juga serviks (leher rahim). Clomiphene bekerja merangsang pelepasan serangkaian hormon yang ada pada otak sehingga menyebabkan pertumbuhan folikel indung telur dan membantu terjadinya ovulasi.

    Pemberian obat ini sebaiknya dalam pengawasan dokter dan tidak bisa diberikan untuk semua wanita yang menginginkan untuk hamil mengingat efek sampingnya juga yang banyak. Perlu observasi secara lebih detail sebelum pemberian obat ini untuk memastikan seorang wanita belum kunjung hamil karena sebab apa. Sebab obat ini hanya digunakan pada pasien wanita yang menginginkan kehamilan namun mengalami gangguan kesuburan (infertilitas) karena adanya masalah atau gangguan ovulasi. Namun jika penyebab belum hamil bukan karena masalah ovulasi, maka pemberian obat tersebut tidak terlalu bermakna. Silakan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spOG agar mendapat pemeriksaan secara detail dan mendapat terapi yang paling tepat sesuai kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Obat Kesuburan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.