• sore dok… saya mau tanya obat yang cocok untuk mengatasi mencret untuk bayi usia 6 bulan..

    mksh dok

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar baik akibat frekuensi yang berlebihan, warna feses yang berubah, hingga konsistensi feses yang berubah kerap kali dialami oleh beberapa individu terutama bayi dan anak – anak. Keluhan seperti ini pada bayi tentu menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Buang air besar lebih dari 3 kali dalam 1 hari disertai perubahan konsistensi tinja menjadi lebih cair disebut juga dengan diare. Diare bisa disebabkan karena banyak hal, yang paling sering adalah karena infeksi saluran cerna. Infeksi bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Perlu dipastikan apa yang menjadi penyebab diare tersebut sehingga tidak bisa sembarang diberikan obat apalagi untuk bayi.

    Prinsip terpenting dari diare adalah mengganti cairan yang keluar lewat feses dengan asupan cairan baru dengan tujuan untuk menghindari dehidrasi.  Beri anak anda asupan cairan sebanyak cairan yang keluar, baik dengan ASI, oralit atau cairan lainnya. Jika anak tidak mau minum dan tampak mulai kekurangan cairan maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.  Pemberian zink juga bisa diberikan dengan dosis 10 mg per hari untuk anak kurang dari 6 bulan atau 20 mg per hari untuk anak di atas 6 bulan.

    Ada baiknya jika keluhan berlanjut segera periksakan anak ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anak anda. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    13 Penyebab Mencret Pada Bayi dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Mencret untuk Bayi yang Aman?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.