1. Dok saya mau nanya. Bisakah obat pembesar payudara malah mencetuskan kanker payudara? Saya pernah nanya sm penjualny bgaimana cara kerja obat tsb. Dijelaskan bahwa obat ini melancarkan hormon estrogen dlm tubuh. Yg saya tanyakan:
    2. saya pernah kena kista dipayudara. Cmn dikasi obat antioksidan aja stlah itu hilang kistanya. Apakah bisa kista saya kambuh kalo saya pake obat tsb?
    3. apa saya perlu cek darah khususnya hormon estrogen utk tahu apakah hormon estrogen saya berlebih ato tidak shingga saya bisa menggunakan produk tsb?
    4. apa kaitannya hormon estrogen dgn kanker payudara?
    5. sekian. Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    1. Yang perlu dicari tahu adalah kandungan zat aktif apa yang ada dalam obat pembesar payudara tersebut. Karena selama tidak tahu kandungan obatnya maka saya tak bisa menjelaskan adakah efek samping dari penggunaan obat tersebut terhadap timbulnya resiko kanker payudara. Jika obat yang diberikan adalah berupa hormon estrogen, maka memang memiliki kecendrungan meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
    2. Jika kista yang anda maksud adalah fibrokistik mammae maka penyakit ini sebenarnya bisa sembuh sendiri. Fibrokistik mammae adalah perubahan pada jaringan payudara yang ditandai dengan benjolan payudara non kanker yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan sering bersifat periodik dengan pengaruh hormonal dari siklus menstruasi. Penyakit ini sebenarnya merupakan kejadian yang sering terjadi pada beberapa wanita, hampit 40 -60% wanita mengalami hal ini. Sebagian besar fibrokistik mammae tanpa keluhan tidak perlu diobati karena biasanya dapat hilang dengan sendirinya tanpa obat – obatan ataupun tindakan apapun.
    3. Tidak perlu melakukan pemeriksaan hormon estrogen. Seandainya pun estrogen anda normal, namun jika diberikan paparan terapi hormon estrogen terus – terusan untuk memperbesar payudara maka resiko terjadinya kanker payudara tetap akan meningkat.
    4. Pertanyaan ini sudah cukup jelas saya sampaikan di atas bahwa paparan terhadap estrogen dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Pembesar Payudara Dapat Mengakibatkan Kanker Payudara?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.