• Pagi dok, usia kehamilan saya sekarag jalan 5 minggu. Saya ingin menanyakan apakah obat penguat kandungan itu perlu? Sebelumnya saya check up di dokter kandungan dan mendapat resep 3 obat. Kalau saya bisa sebutkan obatnya adalah: folavit, farmasal, dan utrogestan 100mg. Dari ketiga obat tersebut saya hanya berani meminum folavit. Selebihnya saya masih takut2 terutama yang obat penguat kandungan. Fyi, sampai skg alhamdulillah saya belum ada flek2.

    Trims dok

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com. Sebelum saya menjawab pertanyaan ibu, saya ucapkan selamat atas kehamilan ibu.

    Farmasal merupakan obat yang mengandung senyawa aktif tunggal asam asetil salisilat (asetosal) dosis rendah. Obat ini biasa diberikan pada ibu hamil dengan masalah pengentalan darah. Sebagai informasi bahwa obat ini relatif cukup aman diberikan pada ibu hamil dan juga janinnya karena tidak akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

    Obat kedua yang diberikan pada anda adalah utrogestan yaitu obat yang mengandung senyawa aktif progesteron. Obat ini biasa diberikan pada ibu hamil dengan tujuan untuk memperkuat janin yang ada dalam kandungan. Obat ini sering diberikan oleh dokter pada ibu hamil trimester pertama dengan maksud agar janin dalam kandungan semakin kuat serta menurunkan resiko terjadinya keguguran (abortus).

    Usia kehamilan trimester pertama memang rentan terjadi permasalah kehamilan misalnya keguguran dan lain sebagainya karena janin yang masih belum kuat menempel pada rahim ibu. Namun ini tidak terjadi pada semua wanita. Tidak semua ibu hamil di usia trimester pertama butuh obat penguat kandungan jika memang tidak ada indikasi. Namun untuk kasus ibu saya tidak bisa mengatakan itu perlu atau tidak karena harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang terlebih dahulu, misalnya dengan pemeriksaan USG. Sehingga memang ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang memberikan ibu obat – obat tersebut untuk memastikan seberapa penting obat – obat penguat kandungan diberikan pada kehamilan yang anda jalani. Jika memang anda tak nyaman anda bisa memeriksakan diri ke dokter lain sebagai second opinion.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Obat Penguat Kandungan, Perlukah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.