• Malam dok…

    Sudah 2 bulan ini saya mengalami gatal-gatal di area lipatan kaki,lipatan tangan,jari-jari,selangkangan,juga di area pantat…kalau di jari kadang gatal nya itu keluar cairan seperti air,tetapi kalau di area yang lain awal nya memerah trus menghitam dan sangat sangat gatal sekali dok,tolong bantu saya untuk rekomendasi obat yang ampuh dok,terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal gatal-gatal di area lipatan kaki, lipatan tangan,jari-jari, selangkangan,juga di area pantat bisa terjadi karena banyak hal sehingga harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami. Penyebab keluhan ini bisa karena penyakit menular atau penyakit tak menular. Sebaiknya memang anda memperhatikan apakah sekitar anda baik keluarga, teman, tetangga atau orang dekat anda lainnya ada yang memiliki keluhan yang sama atau tidak. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal seperti yang anda alami yaitu antara lain karena:

    1.       Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis. Keluhan yang muncul bisa berupa rasa gatal, timbulnya bercak kemerahan dengan bagian tengah menyembuh dan bagian luar merah (tinea) atau bisa juga terdapat bercak merah yang dikelilingi bercak – bercak lainnya yang lebih kecil (candidiasis)

    2.       Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan dan area lainnya. Ada faktor alergen yang menyebabkan keluhan ini seperti obat – obatan, makanan dan lain sebagainya.

    3.       Skabies atau penyakit infeksi akibat parasit juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik merah yang bisa berisi cairan. Merupakan penyakit yang sangat menular. Biasanya lingkungan terdekat memiliki keluhan yang sama.

    4.       Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Oleh karena itu periksakan langsung terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat untuk Penyakit Kulit di Area Lipatan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.