• Dok bagaimana mengatasi rasa pahit di mulut dan tenggorokan saat tipes? Ini sangat mengganggu karena saya jadi tambah gak nafsu makan. Ditambah ketika apapun masuk mulut langsung merasa mual.

    Apa pengganti nasi/bubur untuk orang tipes dok? Karena dua2 nya saya tidak doyan waktu sakit begini

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Typhus abdominalis atau demam typhoid merupakan infeksi pada saluran cerna akibat bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Keluhan yang muncul berupa demam selama lebih dari 7 hari disertai keluhan mual, muntah, rasa pahit di lidah, tidak nafsu makan, diare atau malah konstipasi (sembelit). Keluhan rasa pahit di lidah dan tenggorokan ini membuat pasien semakin tidak ada nafsu untuk makan karena semua makanan terasa hambar atau malah pahit. Untuk menghilangkan keluhan ini sebenarnya seiring dengan pengobatan terhadap bakterinya. Karena ketika infeksi berhasil ditangani maka keluhan – keluhan tersebut dapat menghilang. Namun untuk mengurangi keluhan tersebut, bisa dibantu dengan mengkonsumsi makan – makanan yang manis misal permen, dan lain sebagainya. Selain itu bisa konsumsi suplemen untuk meningkatkan nafsu makan anda, atau dengan membuat sendiri sari temulawak. Keluhan mual bisa diatasi dengan pemberian obat – obatan anti mual atau dengan pemberian vitamin B6.

    Pengganti nasi atau bubur sebenarnya boleh jenis karbohidrat apa saja. Konsistensinya juga tidak perlu sangat lembek seperti bubur, yang penting anda harus mengunyah makanan tersebut hingga sangat halus sehingga tidak perlu dicerna terlalu berat dalam usus. Roti, kentang ataupun karbohidrat lain juga tak masalah. Namun ada baiknya mengurangi makanan terlalu berlemak karena akan menambah rasa mual.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pahit di Mulut Saat Demam Tipes

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.