• Maaf dok permisi saya mau tanya. saat saya bangun tidur tiba tiba badan saya demam, sakit perut dan mual. setelah itu saya BAB dan pas BAB saya mencret sembari keluar muntah kuning dan pahit. dan panas belum turun. gimana dok? apakah itu gejala suatu penyakit? terimakasih dok.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam bisa disebabkan oleh banyak hal. Demam merupakan suhu tubuh yang meningkat di atas 37,5 derajat celsius. Jika keluhan demam disertai sakit perut dan mualserta buang air besar yang mencret dan juga keluar muntah maka penyebabnya bisa karena infeksi pada saluran pencernaan. Penyebabnya bisa karena infeksi virus, bakteri atau pun mikroorganisme lainnya.
    Jika buang air besar yang anda alami selain konsistensi nya yang berubah menjadi cair juga terjadi peningkatan frekuensi BAB menjadi lebih dari tiga kali dalam sehari maka termasuk ke dalam diare. Diare disertai muntah – muntah umumnya disebut sebagai gastroenteritis. Untuk mengatasi keluhan muntah berak (muntaber) ini yang paling utama adalah mengganti cairan yang banyak keluar baik lewat tinja maupun lewat muntah. Caranya adalah dengan memperbanyak asupan cairan, baik air putih, oralit, susu dan cairan lainnya. Hal ini penting agar pasien tidak lemas dan kehilangan banyak cairan (dehidrasi) yang justru akan memperburuk keadaan dan membuat pasien menjadi semakin lemas.

    Jika penyebab gastroenteritis ini karena bakteri maka perlu antibiotik. Namun berbeda jika penyebabnya adalah karena hal lain. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Panas Demam Serta Mencret, Kenapa Ya Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.