• Dok saya mau tanya anak saya panas 1hari udh saya periksa tapu ditangan dan di wajah terdapat bintik merah ..? Apakah itu dbd atay bukan dok..

    Selamat sore, jawaban singkatnya bisa iya bisa tidak, jadi penjelasannya begini:

    Demam berdarah biasanya diawali dengan gejala demam yang muncul dengan tiba-tiba bisa berlangsung dua hingga tujuh hari. Pada hari pertama demam, memang bisa terlihat adanya kemerahan pada wajah atau terlihat ruam pada anggota tubuh bagian atas Misalnya wajah, leher, dan dada. Namun gejala ini memiliki kemiripan dengan penyakit yang lain.

    Ciri khas gejala pada demam berdarah baru bisa terlihat pada demam hari ke-3 demam, dimana terdapat bintik-bintik merah kehitaman yang hampir menyebar di seluruh tubuh, bintik merah kehitaman itu tidak mudah hilang apabila kulit diregangkan namun itu semua baru gejala klinis dimana kita belum dapat memastikan bahwa itu demam berdarah atau bukan.

    Bagaimana memastikan DBD?

    Untuk memastikan demam berdarah atau bukan, maka perlu pemeriksaan oleh dokter secara langsung, lalu jika perlu dokter akan meminta pemeriksaan darah yang meliputi kadar trombosit, hematokrit, dan juga immunoglobulin anti-dengue. Kita ketahui bahwa pada demam berdarah trombosit akan turun hematokrit akan naik dan imunoglobulin nilainya positif.

    Cukup sekian penjelasan dari kami semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Demam Disertai Bintik Merah, DBD?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.