• Selamat pagi dok.. Anak saya umurnya 3 tahun, panasnya datang tiba-tiba ajak dok habis bermain kemarin sore sampai pagi ini tidak turun turun juga panasnya.. minta solusinya dok

     

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Demam adalah peningkatan suhu tubuh melebihi suhu 37,5 derajat celcius. Keluhan ini merupakan salah satu keluhan tersering yang dialami oleh hampir semua individu. Baik orang dewasa maupun anak – anak bisa mengalami keluhan demam. Penyebabnya bisa karena banyak hal, misalnya karena kelelahan fisik (sering terjadi pada anak yang dengan aktifitas bermain yang sangat tinggi hingga menimbulkan demam), karena kurangnya asupan cairan (dehidrasi), keganasan, namun yang paling sering adalah karena infeksi.

    Infeksi bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya yang dapat menyerang organ tubuh manapun misal saluran cerna, saluran napas, dsb. Karakteristik demam sebenarnya sangat membantu menentukan penyebab keluhan tersebut, apakah demamnya tinggi mendadak, hilang timbul, demam terus menerus, dan lain sebagainya. Demam yang baru berlangsung kurang dari 3 hari sering terjadi pada banyak penyakit infeksi dan umumnya gejala penyertanya mirip antara infeksi satu dengan lainnya (misal sakit kepala, nyeri sendi, badan lemas, nafsu makan menurun, mata tampak perih dan lain sebagainya) sehingga masih agak sulit menentukan kemungkinan penyebabnya.

    Demam yang baru berlangsung 1 hingga 3 hari anda masih bisa melakukan observasi sendiri di rumah sambil tetap mengkonsumsi obat penurun panas seperti paracetamol. Konsumsi paracetamol dengan dosis 10 – 15 mg/kgBB yang dapat diminum tiap 4 hingga 6 jam. Selain itu perbanyak asupan cairan serta jaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Kompres bagian dahi, lengan, ketiak, lipat paha anak dengan air biasa (air hangat/ suam – suam kuku). Jika keluhan berlanjut, periksakan anak ke dokter terdekat dengan daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Panas Tinggi Tak Kunjung Turun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.