• salam dokter, saya umur 50 tahun menderita asama urat baru-baru ini, setelah operasi selulitis di kaki, saya terkena lagi asam urat  jadi saya harus hati-hati dalam memilih makanan terutama karena ingin diet barat saya dahulu 80 kg sekarang 76 kg, pertanyaan soal makanan yang dipantang apakah ikan kembung, tuna dan ayam dan telur termasuk, terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Asam urat merupakan zat sisa metabolisme yang dikeluarkan lewat ginjal. Jika asam urat tidak bisa dikeluarkan dari tubuh karena satu dan lain hal maka kadar asam urat dalam darah akan meningkat serta dapat menyebabkan penumpukan kadar asam urat di persendian sehingga menimbulkan rasa nyeri. Keluhan nyeri pada sendi akibat penumpukan kadar asam urat disebut sebagai artritis gout.

    Ada beberapa upaya untuk menurunkan kadar asam urat dan mencegah keluhan nyeri sendi selain dengan konsumsi obat – obatan juga dengan menjaga asupan makanan. Penderita artritis gout disarankan untuk melakukan diet rendah purin. Berikut sebagai informasi beberapa pengelompokan makanan berdasarkan kadar purinnya yaitu antara lain:

    1. Kelompok 1 dimana kandungan purin tinggi yaitu antara 100 – 1000mg/ 100 gram bahan makanan. Kelompok ini sebaiknya dihindari konsumsinya. Yang termasuk kelompok ini antara lain jeroan, otak, hati, ginjal, paru, bebek, kerang, remis, ikan makarel, sarden dsb.
    2. Kelompok 2 dimana kandungan purin sedang yaitu antara 9 – 100 mg/ 100 gram bahan makanan. Kelompok ini harus dibatasi konsumsinya. Makanan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain daging sapi, ikan, ayam, udang, melinjo, bayam, daun singkong, kangkung dsb.
    3. Kelompok 3 dimana kandungan purin rendah sehingga konsumsi makanan ini bisa lebih bebas dimakan. Yang termasuk kelompok ini berupa nasi, ubi, roti, sayur (kecuali yang termasuk di kelompok 2), buah, keju, telur, susu, dsb

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pantangan Makan Bagi Penderita Asam Urat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.