• Dok saya mau nanya kok kadang pas mandi kulit tangan kaya kedinginan gitu keliatann uratt kuuu gt kenapa ya dok? Dok jantung yg normal itu kalo diraba itu emang gakerasaa pelan gt atauu gmn ya dokk?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kulit tangan kedinginan sehabis mandi yang anda rasakan sebenarnya bukan karena penyakit tertentu. Namun merupakan respon normal tubuh. Saat mandi tubuh terkena air yang cukup dingin maka akan membuat suhu tubuh menyesuaikan diri dengan suhu lingkungannya sehingga menyebabkan tubuh menggigil kedinginan, kulit berkerut/ keriput, dan lain sebagainya. Saat kedinginan, pembuluh darah juga makin terlihat karena upaya pembuluh darah untuk mengeluarkan panas sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan suhu dalam tubuh.Untuk mengurangi keluhan ini maka sebaiknya mandi dengan air hangat, kemudian jangan terlalu lama saat mandi, serta gunakan sabun yang tidak terlalu mengiritasi. Setelah mandi, rajin – rajinlah untuk mengaplilasikan krim pelembab setiap kali mandi. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

    Denyut nadi yang teraba di tangan normalnya teraba kuat, dengan frekuensi normal 60 hingga 100 kali per menit, teratur/ reguler. Jika kita mengukurnya dengan mendengarkan detak jantung menggunakan stetoskop juga akan ditemukan hasil yang serupa. Untuk meraba denyut nadi di pembuluh darah maka penting untuk meletakkan tangan pemeriksa tepat pada titik pulsasi/ denyutan terasa sehingga hasilnya akurat. Pemeriksa harus terlatih untuk melakukan penghitungan. Anda pun sebagai orang awam bisa melakukan pemeriksaan denyut nadi ataupun jantung sendiri namun harus tahu dimana titik – titik terbaik untuk melakukannya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Pas Mandi Warna Kulit Berubah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.