• Dokter, gigi no 4 sebelah kanan patah sejak 2-3 minggu yang lalu. Sudah diberi obat pereda sakit & antibiotik (selama 2 minggu) tapi sakitnya masih belum hilang. Dokter gigi puskesmas menyarankan utk dtg ke rmh skt agar bs dilakukan tindakan (dicabut). Namun tertunda krn hrs mengurus bpjs. Kira2 3 hr yg lalu sy demam stlh sblmnya jk tidur gigi sy skt shg sy terbgn bbrp kli. Sy lgs beli antibiotik & antalgin utk pencghan smntr. Smpi brp lama sy bs minum antibiotik? Dan tindakan apa yg biasanya dilakukan utk gigi patah pd saluran akar?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kejadian gigi patah sering kali terjadi, biasanya banyak terjadi pada gigi bagian depan atas karena tidak terlalu terlindungi oleh bibir. Kejadian gigi patah sering terjadi akibat trauma atau benturan keras yang terjadi.Gigi yang patah perlu penanganan yang tepat. Penanganan yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu antara lain lokasi patahan yang terjadi di bagian gigi yang mana, seberapa besar tingkat kepatahan yang terjadi pada gigi tersebut, serta kondisi jaringan saraf dan rongga saraf gigi. Penanganan yang dilakukan pada gigi bertujuan untuk menghilangkan keluhan yang dialami oleh pasien (menghilangkan nyeri yang mengganggu), memperbaiki tampilan gigi, memperbaiki gigi supaya dapat berfungsi seperti sedia kala, serta mengusahakan agar gigi tidak perlu dicabut.

    Pemberian antibiotik bertujuan untuk mencegah terjadi nya infeksi pasca kejadian gigi patah karena gigi yang patah memang rentan terjadi infeksi jika tidak dilakukan perawatan dengan baik. Tapi pemberian antibiotik tidak perlu dilakukan dalam jangka waktu lama jika berdasarkan pemeriksaan tidak ada indikasi untuk diberikan. Untuk mengetahui sampai kapan pemberian antibiotik tentu dokter yang memeriksa secara langsung lebih tahu kondisi anda. Tindakan yang dilakukan untuk gigi patah disesuaikan dengan beberapa hal seperti yang saya jelaskan di atas. Kemungkinan kesembuhan untuk gigi yang patah pada akar tergantung kondisi patahan giginya. Jika rapat maka bisa saja hanya dengan perawatan saraf dan pemasangan mahkota gig tiruan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Pada Saluran Akar Gigi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.