• Salam dok, saya mahasiswi usia 18 tahun, sudah 15 hari sejak tulang jari tengah kaki kanan saya patah di bagian pangkal dan ujungnya. Tulang di bagian pangkal jari tidak berpisah, tetapi di ujungnya berpisah. Saya berkonsultasi dengan dokter ortopedi dan akhirnya kaki saya digips, dan sudah 13 hari sejak kaki saya digips dan beliau menyarankan untuk digips 3 minggu tanpa mengkonsumsi obat minum. Namun saya tetap berjalan seperti biasa. Kondisi jari saya sekarang sudah tidak membiru lagi dan bengkaknya sudah hilang, tetapi masih terasa kaku dan kebal saat disentuh. Kebetulan 5 hari lagi saya akan melakukan kuliah lapangan yang membutuhkan kondisi kaki tanpa digips. Pertanyaan saya, apakah akan baik2 saja jika kaki saya digunakan seperti biasa saya berjalan dalam keadaan normal? kedua, apakah boleh gipsnya saya copot hanya dalam jangka waktu 16 hari? Terimakasih dok.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyembuhan patah tulang berbeda – beda tergantung lokasi tulang yang patah, bentuk patahannya, posisi tulang yang patah terhadap tulang lainnya, usia pasien, penanganan awal pasca patah tulang dan masih banyak lagi. Secara umum tulang yang patah perlu dilakukan reposisi (jika tulang mengalami pergeseran), setelah itu dilakukan fiksasi dengan pemasangan gips. Fiksasi dengan gips bertujuan agar tulang yang patah tidak bergerak gerak sehingga kalus (jaringan tulang baru) dapat menyelimuti tulang yang patah dengan sempurna. Hal ini bertujuan agar tulang yang patah dapat menyatu lagi dengan sempurna seperti sedia kala.

    Berapa lama tulang perlu digips tentu berbeda – beda tergantung hal – hal yang telah disebutkan di atas dan hal ini tentu yang paling tahu adalah dokter yang menangani anda. Jika dokter sudah mengatakan perlu dilakukan pemasangan gips selama 3 minggu maka sebaiknya hal tersebut dilakukan. Rata – rata penyembuhan patah tulang memang membutuhkan waktu antara 3 minggu hingga 3 bulan.

    Oleh karena itu saran saya anda tetap mengikuti anjuran dokter yaitu tetap mempertahankan gips di kaki anda hingga batas waktu yang ditentukan. Penggunaan kaki untuk berjalan juga sebaiknya bertahap jangan terlalu dipaksa untuk melakukan kerja yang terlalu berat misal berjalan terlalu lama, melompat dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Jari Kaki

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.