• Siang, saya mau tanya, sudah mau 2 bulan, saya mengalami patah tulang ditangan kiri dan dibagian ujung lengan saya bergeser, saya sudah operasi pasang pen dilengan dan siku lengan bawah pada saat kejadian, yang mau saya tanyakan:

    1. Sampai saat ini masih belum bisa lurus, ditekuk mencapai bahu dan diputar ke kiri atau ke kanan hingga posisi terlentang atau tengkurap, berapa lama bisa  sembuh dan berfungsi seperti biasa?

    2. Setiap dilatih, dan keesokannya kaku, apa wajar?

    3. Saya sudah ke fisioterapi selama 17 kali tiap hari, tangan saya dipaksakan menyentuh bahu, diputar dan dilurusin namun setelah itu sengalnya luar biasa, apa tidak apa-apa dipaksakan begitu?

    4. Saat ini saya tidak pergi lagi ke fisioterapi, saya latih sendiri dibantu papa saya, tidak bermasalahkan?

    terima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    1. Penyembuhan patah tulang memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya penyembuhan patahan itu sendiri antara lain lokasi terjadinya patahan, apakah ada pergeseran tulang, bagaimana bentuk patahannya, usia pasien saat mengalaminya, hingga bagaimana pertolongan pertamanya. Rata – rata penyembuhan patah tulang bisa berlangsung 2 hingga tiga bulan, bisa lebih lama atau lebih cepat dari waktu tersebut tergantung dari hal – hal yang saya jelaskan sebelumnya. Setelah terjadi penyembuhan dengan sempurna dan dengan terapi yang adekuat maka anggota gerak tersebut dapat berfungsi normal seperti biasanya.
    2. Setiap dilatih dan keesokannya kaku memang kadang menjadi masalah. Hal ini sebenarnya wajar dialami pada pasien patah tulang yang sedang melakukan rehabilitasi setelah terjadinya insiden tersebut. Jika dilatih dengan tenaga profesional yang baik tentu lama kelamaan keluhan ini akan berkurang dan berangsur – angsur menghilang.
    3. Sebaiknya saat proses rehabilitasi tidak dipaksakan. Namun asalakan dilakukan dengan tenaga profesional yang tepat dan kompeten sesuai keilmuannya, maka proses pelatihan tersebut pasti sudah sesuai standar prosedur.
    4. Proses pelatihan memang tidak perlu hanya saat di fisioterapi saja,tapi juga tetap harus dilakukan di rumah agar ruang gerak anggota gerak anda semakin membaik. Namun sebaiknya proses pelatihan di rumah sudah sesuai dengan instruksi tenaga kesehatan yang berkompeten sehingga proses pelatihan tidak menimbulkan efek samping yang tak diinginkan.

    Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik untuk mendapat penjelasan yang komprehensif dan mendapat terapi yang tepat dan adekuat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pertanyaan Seputar Penyembuhan Patah Tulang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.