• Pak adik saya mengalami patah tulang di bagian tangan kiri di bawah ketiak sebelum siku… saya belum rongsen karena masih bengkak.. khawatir adek saya tdk kuat untuk ke RS… tali sudah berobat ke alternatif.. dan alhamdulillah sudah bisa jalan.. tapi dengan tangan yang kanan membawa tangan yang kiri (patah) .. apakah proses penyembuhannya membutuhkan waktu yg lama?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau dalam istilah kedokteran disebut dengan fraktur kerap kali dialami oleh beberapa individu. Jika dilihat dari keluhan yang anda sampaika dimana patahannya terletak di bawah ketiak dan sebelum siku maka kemungkinan besar patah tulang terjadi pada tulang humerus. Patah tulang memerlukan waktu yang cukup lama untuk penyembuhan. Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh juga berbeda – beda tergantung dari beberap faktor, yaitu antara lain: usia pasien yang mengalami, jenis garis patahan, letak patahannya, seberapa jauh patahan tersebut bergeser, tindakan awal yang dilakukan dan lain sebagainya.

    Untuk tulang humerus atau tulang di bagian lengan atas seperti yang anda alami maka rata – rata waktu penyembuhan antara lain berkisar antara 6 sampai dengan 8 minggu tapi itu pun tergantung dari faktor – faktor yang saya sebutkan sebelumnya. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara berkala untuk menentukan sejauh apa perbaikan patah tulang yang terjadi. Sebaiknya tidak dibawa ke dukun tulang dan lain sebagainya karena sering kali penanganan yang tak tepat dari alternatif malah menimbulkan keluhan baru dan efek samping yang jauh lebih fatal dari kondisi anda semula.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang di Bagian Tangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.