• Selamat siang dok, nama saya benny 29th, saya mau bertanya saat ini saya mengalami patah tulang paha (tulang bonggol), dan tidak di operasi pasang pen,saat ini sudah 12 minggu, menurut ilmu kedokteran ortopehedi, sudah bolehkah kaki yang patah di beri beban dan sudah boleh lepas tongkat apa belom ya dok ? mohon penjelasan nya yaa dok..

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang merupakan kondisi yang angka kejadiannya cukup tinggi. Definisi patah tulang atau fraktur merupakan terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kontaknya tulang dengan udara luar, garis patahannya, dan lain sebagainya. Penyembuhan patah tulang umumnya memerlukan waktu sekitar 8 minggu hingga 12 minggu. Waktu ini bervariasi tergantung banyak hal mulai dari kondisi patahan tulang, pembuluh darah di sekitar area yang patah, usia saat kejadian, tatalaksana awal yang telah diberikan terutama terkait imobilisasi, dan lain sebagainya.

    Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara detail tentang jenis patahan pada tulang anda, riwayat pengobatan yang telah dilakukan dan informasi tambahan lainnya yang terkait.  Ada beberapa upaya latihan yang dapat dilakukan pada tulang yang patah antara lain dengan:

    • Melakukan latihan gerak pasif pada tulang artinya kaki anda boleh digerakkan tapi dengan tenaga dari luar, bukan karena gerakan anda sendiri.
    • Latihan gerak aktif artinya kaki yang patah sudah mulai boleh digerakkan
    • Latihan melawan tahanan
    • Latihan fungsional.

    Siap tidaknya kaki anda untuk melepas tongkat sebenarnya tidak dapat ditentukan dalam forum ini. Harus dilakukan pemeriksaan secara langsung agar tidak terjadi kesalahan. Silakan anda kunjungi dokter di daerah anda.

    Baca artikel terkait berikut:

    Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Patahtulang Paha (tulang Bonggol)

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.