• dokter saya mengalami patah tulang di kedua kaki saya, karena kecelakaan. kaki Kiri, patah pada tibia fibula. kaki kanan, fibula retak Dan menusuk keluar kulit.
    kira-kira berapa lama proses penyembuhannya? dan kapan saya dapat berjalan dengan normal?

    Selamat Pagi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Waktu penyembuhan patah tulang sebenarnya bervariasi. Secara umum butuh waktu sekitar 3 bulan, bisa lebih ataupun kurang tergantung dari banyak hal, antara lain : umur pasien saat mengalami patah tulang ( penyembuhan pada anak lebih cepat daripada orang dewasa), lokasi dan bentuk patahan tulangnya, ada tidaknya pergeseran fraktur, baik tidaknya vaskularisasi di daerah fraktur , imobilisasi yang baik , gerakan aktif dan pasif pada anggota gerak akan meningkatkan vaskularisasi di daerah fraktur, serta bagaimana pertolongan pertamanya.

    Yang paling penting adalah bagaimana tatalaksana yang diberikan untuk menangani fraktur tersebut. Sebagai informasi untuk anda, sebaiknya jangan melakukan tindakan – tindakan yang dapat memperberat fraktur atau malah memperlama penyembuhannya dengan memijat bagian yang patah tersebut atau membawanya ke dukun tulang. Sebaiknya dipercayakan ke dokter spesialis bedah ortopedi untuk menangani keluhan anda. Proses penyembuhan memang butuh waktu yang lumayan lama namun dengan penanganan yang tepat maka proses penyembuhan akan berlangsung baik dan fungsi alat gerak bisa kembali normal seperti sedia kala. Rajinlah untuk kontrol dan berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda agar bisa terpantau kemajuan penyembuhan tulang anda, mulai dari bagaimana kalus (jaringan) yang terbentuk, garis patahan apakah menyambung dengan sempurna dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Kaki Kanan Kiri

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.