• selamatmalam dokter,

    nama saya wahyu saya berumur 20 tahun, baru satu bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang besar serta kecil pada kaki kanan di bagian atas pergelangan dan saya melakukan pengobatan secara medis. Saat ini saya hanya di gips tanpa oprasi. yang ingin saya tanyakan apakah penyambungan tulang bisa kembali seperti semula dan terkadang ada rasa nyeri serta bengkak pada jari-jari kaki, untuk pengobatannya apakah sudah tepat dan apa saja yang harus saya konsumsi agar mempercepat proses penyembuhannya. Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. Com.

    Patah tulang atau dalam istilah kedokteran disebut dengan fraktur merupakan terputusnya kontinuitas tulang yang pada umumnya diakibatkan oleh benturan atau trauma. Patah tulang memiliki beberapa klasifikasi, salah satunya adalah menurut bentuk dan jenis patahannya. Bentuk dan jenis garis patahan tulang ini menjadi salah satu poin yang menentukan berapa lama tulang bisa sembuh. Secara umum rata – rata proses penyembuhan tulang berlangsung sekitar 3 bulan. Namun waktu ini juga bisa berlangsung lebih cepat atau mungkin lebih lama tergantung dari usia penderita, lokasi terjadinya patah tulang, bentuk patahannya, ada tidaknya pergeseran tulang yang patah, hingga tindakan yang dilakukan untuk mengatasi patahan tulangnya.

    Ada beberapa makanan yang mempercepat penyembuhan patah tulang atau fraktur antara lain makanan yang banyak mengandung kalsium (seperti : susu, kedelai, pisang, yogurt, ikan teri, dll) , vitamin D (ex: kuning telur, salmon, tuna, sarden, dll), vitamin K ( ex: kol, ikan, daging, dll) serta nutrisi lain yang mempercepat penyerapan kalsium seperti vitamin C dan magnesium.

    Saya tidak bisa mengatakan apakah pengobatan yang diberikan sudah tepat atau tidak karena saya sendiri tidak melakukan pemeriksaan terhadap anda. Silakan berkonsultasi langsung dengan dokter yang merawat anda untuk mengkonsultasikan keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Kaki, Bagaimana Agar Cepat Pulih?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.