• dok, saya iim umur 23th, 3 bln yang lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang kering dan betis, kemudian keluarga membawa saya ke pengobatan alternatif, setelah 3bln tulang sudah menyambung dan kami pun melakukan rontgen, ternyata tulang menyambung dengan tidak semestinya, yaitu tulang kering nya miring dan tulang betis pun menumpuk, yang mau saya tanyakan:

    1. apakah efek dari kemiringan penyambungan tulang tsb dok, selain bentuk kaki yg bengkok ?
    2. apakah masih bisa di perbaiki lewat jalur operasi? kalo iya butuh berapa bulan untuk penyembuhan nya?

    terima kasih ,,

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur bisa terjadi karena berbagai hal, yang paling sering adalah akibat trauma misal karena kecelakaan lalu lintas. Pengobatan yang tak tepat dari kasus patah tulang sering kali menyebabkan masalah baru yang lebih fatal. Banyak sekali kasus patah tulang yang tak menyambung dengan sempurna akibat dibawa ke alternatif. Tulang memang menyambung, namun jika tidak tersambung secara normal tentu akan menimbulkan efek samping yang merugikan pasien, misalnya pemendekan anggota gerak tubuh sehingga tubuh menjadi cacat dalam menjalankan fungsinya. Jika hal ini terjadi pada kaki maka kaki akan memendek dan menyebabkan cara jalan menjadi pincang.

    Jika terjadi kesalahan penyambungan tulang, sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan jalan operasi. Namun tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya dan terkadang penyambungan kembali tulang tidak akan sesempurna jika mendapat penanganan yang tepat sejak awal terjadinya kejadian patah tulang. Alangkah baiknya pada kasus yang anda alami, anda segera memeriksakan diri ke dokter. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail guna memastikan kondisi tulang anda saat ini dan menentukan terapi yang paling tepat. Silakan kunjungi dokter ortopedi (dokter spesialis bedah tulang) di kota anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Kaki Sembuh Tapi Bengkok, Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.