• Dok saya mengalami patah tulang paha dan dulu tidak dioperasi hanya dibawa ke alternatif dan sekarang sudah mau 2 tahun belum bisa jalan normal, apakah tulangnya gagal menyambung atau bagaimana? Kaki saya blum bisa menahan dan menopang badan jika dipaksakan terasa sakit dan bagian yang patah jika diraba seperti tidak rata apakah itu belum menyambung dok? Saya ingin rontgen dan operasi tapi ekonomi tidak memadai, mohon dokter untuk membantu menjawab

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau dalam istilah kedokteran disebut fraktur merupakan terputusnya kontinuitas tulang yang umumnya terjadi akibat trauma, misal kecelakaan dan lain sebagainya. Patah tulang sendiri dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan garis patahannya, pergeserannya dan lain sebagainya.

    Pada kasus anda dimana terjadi patah tulang tapi tidak mendapat penanganan yang tepat maka bisa terjadi penyembuhan yang tak sempurna. Tulang tetap tersambung namun proses penyambungan menjadi abnormal. Apalagi jika jenis patahan yang anda alami berupa patahan yang displaced maka jika tidak mandapat penanganan yang tepat, proses penyembuhannya menjadi tidak sesuai dimana tulang menjadi memendek, menonjol dan lain sebagainya yang mengakibatkan cacat lanjutan berupa kaki yang tidak sama panjang antara kanan dan kiri akibat pemendekan tulang. Oleh karena itu agar kondisi anda dapat kembali normal terutama dari segi fungsi alat gerak maka perlu dilakukan penanganan yang tepat. Tulang perlu dirontgen untuk memastikan bagaimana proses “penyembuhan” yang telah terjadi pada tulang anda, setelahnya baru akan dilakukan tindakan operatif berupa pemasangan pen dan lain sebagainya.

    Jika anda tidak memiliki biaya maka ada baiknya anda mengurus kartu BPJS ataupun jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu. Silakan anda tanyakan kepada ketua RT atau kelurahan tempat anda tinggal untuk mengurus surat – surat tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Paha Tidak Dioperasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.