• Saya mau tanya dok pada saat olahraga futsal saya terjatuh di lapangan dengan posisi tangan kanan saya terkilir atau tertekuk ke dalam sehingga tangan saya menjadi bengkak & bengkok tidak lurus seperti semula skrg sudah lebih baikan dari sebelumnya karena langsung di tangani oleh orang tua saya kebetulan ahli patang tulang juga.nah kira2 bisa tidak tangan kanan saya lurus kembali seperti semula dengan cara di urut perlahan2 setiap hari oleh orang yang ahli patah tulang gitu dok.mohon jawaban yang jelas

    Selamat sore,

    Cedera pada tangan ataupun anggota gerak lainnya yang sampai menimbulkan perubahan bentuk yang dalam hal ini bengkok atau tidak lurus, maka pasti adanya suatu masalah pada tulang ataupun sendi.

    Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu dengan pasti apa sebenarnya masalah yang terjadi, apakah terjadi patah pada tulang ataukah sendi yang bergeser. tentunya hal ini memerlukan pemeriksaan, baik pemeriksaan fisik sederhana ataupun pemeriksaan penunjang menggunakan alat canggih, misalnya foto rontgen.

    Pada prinsipnya, baik patah tulang ataupun sendi yang bergeser penanganan awalnya adalah mengembalikan posisi sebelumnya (reposisi), kemudian mempertahankan posisi yang normal tersebut (immobilisasi) selama waktu tertentu.

    Adapun pemijatan merupakan suatu bentuk terapi yang cocok untuk otot keseleo, terkilir, atau pegal-pegal dan gangguan pada otot lainnya. namun pada kasus yang sampai mengakibatkan pembengkokan salah satu anggota tubuh, maka menurut kami hal itu tidaklah efektif.

    Jadi sekarang yang bisa kami berikan untuk saat ini yaitu periksakan kondisi Anda terlebih dahulu sampai jelas masalahnya, kemudian penanganan yang tepat bisa kita pertimbangkan.

    Sekian jawaban dari kami semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Tangan Kanan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.