• Permisi dok saya mau tanya, saya menderita patah tulang telapak tangan dibagian kelingking sudah 9 hari, apakah harus dioprasi atau bisa menjalani pengobatan lain?. sebisa mungkin saya ingin sembuh secepatnya tolong dok diberikan sosusi yg tepat. Terima Kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang atau dalam istilah kedokteran disebut fraktur dapat terjadi pada siapa saja akibat trauma,benturan dan lain sebagainya. Sebagai informasi, pengobatan fraktur sebenarnya ditentukan pula oleh jenis frakturnya apakah termasuk fraktur terbuka atau tertutup, lokasi frakturnya, usia pasien, bagaimana jenis garis patahannya, apakah tulang yang patah bergeser atau tidak, apakah ada pemendekan atau tidak dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk menentukan tatalaksana yang sesuai dan menentukan waktu penyembuhannya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter berupa pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang dengan rontgen untuk mengetahui gambaran patah tulangnya secara jelas.

    Tidak semua kasus patah tulang (fraktur) harus dilakukan operasi atau pembedahan. Ada yang hanya perlu dilakukan fiksasi dan imobilisasi misal dengan gips dan lain sebagainya selama waktu tertentu dengan harapan tulang bisa tersambung dengan sempurna. Namun lagi – lagi penentuan tatalaksana yang tepat untuk kasus patah tulang harus berdasarkan pemeriksaan secara langsung. Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis ortopedi di kota anda agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung. Ingat bahwa penentuan diagnosis secara cepat dan tepat sangat mempengaruhi keberhasilan terapi. Sebaiknya jangan menunda nuda berkonsultasi dengan dokter anda apalagi sampai dilakukan tindakan pemijatan dan lain sebagainya. Pemijatan pada tulang anda yang patah ataupun retak malah dapat memperparah patahannya dan memperlama waktu penyembuhannya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Patah Tulang Telapak Tangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.