• Dok, siklus haid saya teratur tiap bulan, 1/2 minggu sebelum haid payudara pasti nyeri, nah sekarang menjelang haid bulan ini kok tidak nyeri padahal tanggal haid saya tinggal 3 hari lagi, gejala pusing dan mual sudah ada..tp setelah sya testpack msh (-), apakah ada kemungkinan hamil dok ?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Payudara yang bengkak dan terasa nyeri memang sering menjadi tanda awal saat seorang wanita mendekati masa haid nya. Namun ini juga bukan tanda pasti menstruasi atau dengan kata lain gejala payudara membengkak dan nyeri tidak selalu ditemukan menjelang ataupun saat haid. Jadi tidak adanya keluhan ini sebenarnya tak perlu menjadi masalah yang harus dikhawatirkan. Tidak adanya keluhan payudara membengkak dan nyeri juga tidak bisa menentukan anda sedang hamil ataupun tidak. Begitu pun dengan keluhan terlambat haid. Penyebab telat haid sangat banyak sekali dan bukan hanya karena hamil saja. Apalagi jika saat ini anda belum terlambat haid, maka kemungkinan itu masih belum bisa dipastikan.

    Alat tes kehamilan (test pack) paling sensitif bisa mendeteksi kadar hormon hCG pada level 20 mIU. yang muncul pada urine wanita hamil sekitar 7 sampai 10 hari dari waktu ovulasi terdahulu. Pada siklus haid 28 hari, waktu ovulasi biasanya berada pada hari ke 14. Sehingga waktu 7 sampai 10 hari dari waktu ovulasi terdahulu yaitu sekitar 7 sampai 4 hari sebelum periode haid berikutnya. Rata – rata tes kehamilan ini bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Jika test pack dilakukan terlalu awal, yaitu setelah berhubungan badan, maka hasilnya menjadi tidak akurat ataupun hanya terlihat samar saja.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    terima kasih banyak dok ats jawabannyq, sangat membantu

Beranda Tanya Dokter Payudara Sakit Menjelang Haid

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.