• Dok, saya baru menggunakan pil kb pertama kali. saya memulai dengan meminum pil berisi hormon dok saat haid hari kedua. apakah pemakaian tersebut dapat dikatakan salah dan tidak berhasil?

    untuk pemakaian selanjutnya lebih baik mulai dari awal lagi, dengan meminum tablet kosong saat haid atau tetap melanjutkan, setelah pemakain saya beri jeda 7 hari, lalu memulai pil yang berisi hormon?

    terima kasih dok sebelumnya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pemakaian pil KB bisa menjadi salah satu alat kontrasepsi yang biasa digunakan. Seorang wanita biasanya akan mulai menggunakan pil KB pada hari pertama haid dan kemudian diteruskan selama 21 hari. Sebenarnya saat menstruasi pil Kb bisa dihentikan konsumsinya dan pada hari ketiga atau keempat haid dianjurkan untuk meminum pil KB yang baru sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

    Jika seorang wanita melanjutkan minum pil KB saat menstruasi biasanya darah haid akan jadi lebih sedikit. Hal ini terjadi akibat faktor hormonal dari pil tersebut. Namun sebenarnta hal ini tidak menimbulkan bahaya sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Pil Kb terdiri dari pil yang terdiri dari 21 dan 28 pil.

    Pil Kb dengan isi 28 pil terbagi menjadi 21 pil berwarna yang mengandung hormon dan 7 pil plasebo. Jika diminum sesuai aturan seharusnya akseptor kb akan mengalami haid saat meminum pil plasebo. Jika akseptor kb mengkonsumsi pil KB 21 pil maka setelah habis pil ke21 sebaiknya diberikan jeda 7 hari untuk memberi kesempatan terjadinya haid. Jika meminum pil Kb 28 pil begitu semua pil habis maka bisa langsung dilanjutkan mengkonsumsi pil KB yang baru tanpa jeda istirahat. Perlu diingat bahwa waktu minum antara dua pil KB tidak boleh lebih dari 36 jam.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Benar Minum Pil KB

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Pemakaian Pil KB untuk Pemula

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.