• <p style=”text-align: left;”>Ass..</p>
    <p style=”text-align: left;”>Dok saya perempuan berusia 24 thn..sdh menikah dan mempunyai 1 orng anak..sy ingin bertnya..kenapa setiap saya berhubungan selalu mengeluarkan darah( gak begitu sering..tapi tiap bulan psti slu kluar drh 3 smpe 4 kli) tp tidak ad rasa sakit.drah yg kluar pun berwarna coklt kental(bukan darah segar)..kadang bnyak kdng sdkit..apakah ituefek dr suntik 3 bln..ataukah ada pnyebab lain..bulan ini aturn nya saya jdwal suntik 3bln..tp sdh smnggu ini sya blm suntik( agar bsa haid dlu br suntik lg) kira2 apa yg sya alami berbahya atw tidak y dok..</p>
    <p style=”text-align: left;”>Mohon penjelasan nya..Terimakasih</p>

    Selamat malam, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter gratis di mediskus.com

    Perlu diketahui bahwa KB suntik adalah salah satu jenis KB hormonal yang memiliki cara kerja memanipulasi hormon di dalam tubuh wanita sehingga tidak terjadi ovulasi. Dengan tidak adanya ovulasi maka tidak ada sel telur yang bisa dibuahi sehingga dapat mencegah kehamilan.

    Namun, cara kerja KB yang seperti ini ternyata memiliki banyak efek samping, yang paling utama adalah masalah gangguan menstruasi, flek, atau pendarahan. Jadi jangan heran ketika anda menggunakan KB suntik kemudian mengalami masalah pada menstruasi atau keluarnya flek dari jalan lahir.

    Keluarnya flek pendarahan saat berhubungan bisa saja terjadi karena pengaruh dari penggunaan KB suntik, flek bisa saja keluar secara spontan atau ada sedikit yang tertinggal di dalam saluran reproduksi wanita. Ketika flek masih tertinggal, maka pada saat berhubungan dengan suami,  bisa saja darah yang masih menyangkut itu menjadi keluar berupa lendir-lendir pendarahan. Jika kondisinya demikian, maka tak perlu khawatir.

    Namun perlu diketahui juga bahwa keluarnya flek atau darah setelah berhubungan bisa saja terjadi akibat adanya lecet atau perlukaan pada mulut rahim. Untuk membedakan kedua kondisi tersebut maka setiap wanita memang dianjurkan untuk periksa pap smear secara rutin. Lebih lanjut Silahkan baca: Cegah Kanker Serviks dg Pap Smear

    Sekian jawaban dari kami, mohon maaf jika harus menunggu lama.

Beranda Tanya Dokter Pendarahan Saat Berhubungan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.