• pendengaran pada telinga berkurang akibat hidung tersumbat. obat yang harus minum apa dok. saya sudah ke dokter tht terus dikasih obat,hidung sudah agak baikan tapi telinga belum baikan dok

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi saluran napas yang muncul dengan keluhan batuk, pilek , hidung tersumbat dan kadang disertai demam sering menimbulkan keluhan di telinga. Saluran antara liang telinga, hidung dan tenggorokan saling terkait. Ketika hidung mengalami penyumbatan maka tekanan udara di sepanjang saluran yang menghubungkan antara telinga dan hidung menjadi terganggu. Hal ini mengakibatkan terjadinya keluhan penurunan pendengaran. Jika keseimbangan tekanan ini terganggu di tambah adanya infeksi yang menjalar dari hidung ke telinga sering menimbulkan infeksi pada telinga (otitis) terutama pada telinga bagian tengah. Infeksi saluran telinga tengah atau disebut juga dengan otitis media memiliki beberapa tahapan perkembangan penyakit, mulai dari stadium oklusi (penyumbatan), stadium hiperemis (peradangan saluran telinga), stadium supurasi (timbulnya nanah di liang telinga tengah), stadium perforasi (pecahnya gendang telinga) serta stadium resolusi (penyembuhan). Masing – masing stadiu memiliki gejala klinis yang berbeda.

    Untuk memastikan keluhan yang anda rasakan pada telinga adalah akibat infeksi telinga atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT. Pengobatan yang diberikan di awal mungkin belum bisa mengalahkan kuman sepenuhnya akibat perkembang biakan kuman yang hebat, daya tahan tubuh pasien yang rendah atau sebab lainnya. Sehingga perlu dilakukan pengobatan lanjutan hingga penyakit bisa diatasi dan keluhan bisa hilang sepenuhnya. Silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pendengaran pada Telinga Berkurang Akibat Hidung Tersumbat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.