• dok,  kenapa ya saya kalau lagi ngitung,  baca,  atau lakuin sesuatu,  pasti selalu saya ulang”.  padahal yang saya hitung atau lakuin itu udah bener.  cuma nggak tau kenapa ada dorongan untuk ngulang” hal tersebut.  klw ngga ngulang rasanya ada yang kurang atau salah,  padahal saya juga udah tau kalau itu ud pasti bener.  tapi selalu terdorong untuk ngulang.  rasanya tuh kayak gelisah gitu dok klw ngga ngulang.  tapi perasaan ini ngga enak banget dok.  apa lagi skrg saya uda kerja,  jadi makan waktu banyak gara” ngulang” terus .  pikiran juga ngga tenang karna takut ada yg salah klw ngga di ulang”.  ini penyakit mental atau apa dok?  gimana cara penanganannya?.  Trims.

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keinginan untuk mengulang – ulang suatu tindakan seperti yang anda alami hingga membuat anda gelisah dan lain sebagainya bisa jadi terjadi akibat gangguan obsesif kompulsif atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan OCD (obsessive compulsive disorder). Gangguan ini merupakan kelainan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku yang bersifat kompulsif. Gejala yang muncul dari gangguan ini adalah berupa pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal sehingga cenderung menyebabkan seseorang melakukan perilaku berulang atau repetitif. Misalnya, orang yang merasa harus memeriksa pintu dan jendela lebih dari tiga kali sebelum meninggalkan rumahnya, orang yang mencuci gelas hingga berkali – kali untuk memastikan sudah benar bersih dan sebagainya.

    Gejala yang muncul pada tiap pasien berbeda-beda, ada yang ringan di mana penderita menghabiskan sekitar satu jam bergelut dengan pikiran obsesif dan perilaku kompulsifnya, namun ada juga yang hingga mengganggu kelangsungan hidupnya. Penyakit ini bisa dicetuskan oleh faktor genetik, ketidak normalan pada otak dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan anda konsultasi secara langsung oleh dokter terutama dokter spesialis kesehatan jiwa. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan dan sejauh apa penyakit tersebut telah berkembang.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Pengulangan Tindakan Disertai Gelisah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.