• Usia saya 20tahun, saya menderita skoliosis. Skoliosis yg saya derita di tulang belakang bagian bawah jadi kayak huruf C, ke arah kanan dan cukup parah. Entah sejak kapan perut saya selalu terasa tak nyaman. Rasanya seperti ingin kentut tapi tidak bisa keluar. Kembungnya bukan kembung biasa. Rasanya selalu penuh di perut bagian kiri.  Awalnya saya pikir karena skoliosis saya. Tapi sepertinya tidak. Pencernaan saya cukup lancar. Saya buang air besar hampir setiap hari. Tapi setiap setelah buang air besar rasanya ada angin yang tertinggal diperut dan susah untuk keluar. Bisa keluarnya paginya lagi. Dan setiap sore selalu terasa begah hingga pagi. Tapi walau pagi udah kentut n pup tapi nanti begitu lagi. Dan kadang pagi harinya kentut saya g bisa keluar. Walau udah keluar rasanya g lega perutnya. Apalagi kalo g pup. Ini kenapa ya?

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan perut terasa begah dan kembung yang anda rasakan memang kemungkinan besar tidak berkaitan dengan keadaan skoliosis yang anda alami. Keluhan tersebut lebih cenderung pada gangguan di lambung anda. Seringkali peningkatan asam lambung dan gas dalam lambung menyebabkan keluhan seperti itu atau karena gangguan pada usus anda berupa kurang baiknya kontraksi pada usus untuk mengeluarkan tinja atau feses juga bisa menyebabkan keluhan seperti ini. Buang air besar yang kurang lancar ataupun masih tersisanya feses atau tinja dalam saluran cerna seringkali membuat perut terasa begah dan tak nyaman.

    Ada baiknya anda memperhatikan pola makan anda tiap hari. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit – sedikit namun sering, perbanyak asupan serat misal sayur – sayuran dan buah – buahan, kurangi asupan makanan yang terlalu berlemak, perbanyak konsumsi cairan, dan tingkatkan aktivitas fisik misal dengan olahraga teratur. Konsumsi obat lambung juga bisa membantu jika memang dibuthkan, misal dengan pemberian antasida. Jika setelah pola hidup anda diperbaiki namun keluhan tersebut masih sering kali berlangsung serta sangat mengganggu, ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa ditentukan penyebab pasti keluhan anda serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Perut Sering Begah, Penyakit Apa Ini?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.