• Dok saya biasanya menstruasi tanggal 25-5 tapi sampai sekarang belum menstruasi juga. Tanggal 23 saya berhubungan tapi memakai kondom. 2 hari lalu saya test pack hasilnya negatif. Penyakit atau hamil dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang telah banyak dijelaskan di forum ini, pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan tes pack sebaiknya dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Hal ini agar seseorang dapat memperoleh hasil yang lebih akurat. Tes pack sendiri baru mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Sehingga jika kurang dari itu maka kadang hasil pemeriksaan masih memberikan hasil negatif. Hasil tes kehamilan akan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa terlihat samar/ buram atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang dicek.

    Keluhan telat haid sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena stress psikis, gangguan makan, pengaruh obat – obatan, kehamilan hingga penyakit tertentu. Tidak bisa memastikan penyebabnya hanya berdasarkan keluhan telat haid saja, apalagi jika keterlambatan baru berlangsung beberapa hari hingga minggu. Untuk memastikannya sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter karena perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut:

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Perbedaan Telat Menstruasi Karena Hamil dan Penyakit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.