• Dok saya mau tanya, saya awalnya mengalami keringat yang berlebihan sampai sekarang, abis makan dan minum pasti terjadi.  Lalu lama-kelamaan muncul bintik putih di seluruh tubuh saya, yang lama lama menjadi putih melebar, seperti nya panu.

    Jadi apa yang harus saya lakukan dok biar tubuh saya bebas dari panu? tolong dok pengaraannya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf pertanyaan yang anda ajukan masih kurang jelas. Bagaimana karakteristik bintik putih yang anda alami apakah disertai gatal atau tidak? Adakah rasa kebas yang anda alami? Penyakit kulit seringkali menunjukkan gejala yang hampir mirip satu dengan lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikannya. Bintik putih pada kulit juga bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain:

    1.       Infeksi jamur, misalnya akibat pitiriasis versicolor atau biasa disebut panu menunjukkan gambaran bintik putih disertai rasa gatal.

    2.       Pitiriasis alba juga bisa menunjukkan bintik putih namun tanpa rasa gatal. Penyakit ini biasanya terjadi karena paparan sinar matahari sebagai pencetusnya. Biasanya dapat hilang dengan sendirinya.

    3.       Vitiligo juga merupakan penyakit  kulit yang bisa memberikan gambaran bercak putih tanpa rasa gatal

    4.       Morbus hansen atau kusta merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyebabkan bercak putih disertai rasa kebas atau baal pada daerah tersebut.

    5.       Penyebab lainnya

    Untuk itu silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan karena malah bisa memperluas keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Panu, Ciri-Ciri dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Bintik bintik putihnya tidak gatal dok, tapi bintik-bintik yang awalnya cuma di pori-pori , sekarang sebagian melebar seperti panu, saya jadi minder jika buka baju, karna mirip dengan panu tapi tidak gatal, telah saya coba kasih salep panu, tetapi gadak efeknya sama sekali, apa bisa itu hilang dok ?

    Terimakasih ataspenjelasan nya.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Bintik-bintik Putih pada Pori Lalu Lama Lama Jadi Panu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.