• assalamu’alaikum.
    Dok maaf mengganggu, saya ingin bertanya mengenai bintitan, sejak bulan juni 2016 hingga sekarang sudah 3 bulan saya mengalami bintitan di kedua mata saya, tapi tidak kunjung sembuh dan skrng bintitan saya tidak membesar ukurannya kecil tapi terkadang timbul dan memerah jika dipegang, namun tidak mengganggu penglihatan. hanya saja tidak enak dan saya kurang percaya diri dengan adanya bintitan dimata saya dok, dan waktu itu sempat kedokter cuman dikasih salep antibiotik erlamycetin chloramphenicol dengan obat tablet saja. Mohon masukannya dok apa tindakan selanjutnya yang harus saya lakukan terkait penyakit bintitan saya.
    Terimakasih.

    Waalaikumsalam ww. wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintitan dalam istilah kedokteran disebut sebagai hordeolum. Penyakit ini merupakan peradangan bersifat akut pada kelenjar yang ada di kelopak mata baik atas maupun bawah. Penyebabnya adalah karena infeksi bakteri. Faktor pencetusnya adalah kurangnya menjaga kebersihan daerah mata, kebiasaan mengucek mata dan lainnya.

    Jika hordeolum berlangsung lama hingga timbul peradangan kronik yang tidak ada nyeri dan kemerahan namun tetap ada benjolan pada mata maka disebut juga sebagai kalazion. Hordeolum sebenarnya bisa sembuh sendiri. Ada beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan antara lain pemberian antibiotik baik obat minum ataupun tetes mata. Pemberian obat simptomatik seperti obat penghilang nyeri dan radang bisa membantu mengurangi keluhan. Namun jika dengan obat – obatan tidak ada perbaikan maka bisa dilakukan tindakan pembedahan seperti eksisi benjolan untuk mengeluarkan nanah yang menumpuk.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penanganan Penyakit Bintitan yang Hilang Timbul

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.