• Assalamualaikum wr.wb. Dok, dari dulu saya makannya banyak sekali tetapi berat badan saya tetap kurus. Sampai2 orang2 heran sama saya, makan banyak tapi tidak gemuk. Apakah sya saya cacingan dok?

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan cacingan tidak selalu berkaitan dengan keluhan banyak makan tapi tidak mau gemuk. Cacingan sendiri memiliki gejala klinis berbeda – beda tergantung dari cacing yang menginfeksi, lokasi organ tubuh yang terinfeksi, berat ringannya infeksi dan lain sebagainya. Cacing penyebab infeksi beraneka ragam , misalnya cacing tambang, cacing pita, cacing kremi dan masih banyak lagi.

    Infeksi akibat cacing tambang yang mengenai usus bisa menyebabkan keluhan mual, muntah, nyeri perut, badan kurus, pucat karena anemia, bahkan bisa menimbulkan keluhan di paru – peru berupa batuk, sesak jika larva cacing sampai ke paru – paru.

    Infeksi akibat cacing kremi umumnya terjadi pada anak. Keluhan yang dirasakan bisa berupa nyeri di perut, mual, gatal – gatal di anus dan juga vagina, rasa gatal biasanya lebih dominan pada malam hari.

    Infeksi akibat cacing pita bisa menyebabkan keluhan sakit perut, mual, diare, gangguan penyerapan makanan di usus sehingga badan menjadi kurus, badan lemas dan cepat lelah.

    Untuk keluhan anda berupa badan yang susah menjadi gemuk walaupun makan banyak sebenarnya kurang spesifik. Jika keluhan hanya itu saja mungkin memang karena faktor genetik, metabolisme tubuh anda yang sangat tinggi dan lain sebagainya. Namun jika disebabkan keluhan lain misal batuk berminggu – minggu, demam lama hingga beberapa minggu mungkin saja disebabkan karena infeksi paru.

    Silakan periksakan diri anda ke dokter jika memang keluhan sangat mengganggu atau disertai keluhan lain yang makin memberat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tetap Kurus Penyakit Cacing atau Bukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.