• Dokter mau tanya,

    Anak saya sakit campak morbili sudah 6 hari, campaknya sudah mulai sembuh, ruam nya sudah menghitam semua. Tetapi yg saya aneh kadar darah trombosit anak saya rendah, di kisaran 19.000, sudah 3x cek darah tpi trombosit belum naik2 juga. Sebelumnya, anak saya pernah punya riwayat sakit ITP. Mohon penjelasannya dokter. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Campak atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan morbili merupakan suatu infeksi virus yang kadang dapat disertai dengan komplikasi berupa penurunan jumlah trombosit dalam darah (trombositopenia) sehingga muncul tanda – tanda perdarahan pada kulit dan mukosa seperti mudah lebam, gusi berdarah dan lain sebagainya. Namun jika dilihat riwayat dari anak ibu yang sebelumnya memiliki penyakit idiopatik trombositopenia purpura (ITP) maka trombositopenia yang terjadi juga dapat merupakan manifestasi klinik dari penyakit tersebut.

    Idiopatik trombositopenia purpura menyebabkan pasien mudah lebam dan berdarah. ITP bisa terjadi pada anak maupun dewasa. Pada anak, ITP bisa berkembang dari infeksi virus, sehingga mungkin ITP berkembang lagi paska infeksi virus morbili yang telah terjadi sebelumnya. ITP dapat sembuh sempurna tanpa pengobatan. Jika ITP tidak menunjukkan tanda perdarahan dan trombositnya juga tidak terlalu rendah maka tidak perlu diobati. Namun jika kondisi pasien lebih serius misalnya muncul tanda perdarahan seperti gusi berdarah, lebam – lebam, hingga perdarahan pada saluran cerna disertai kadar trombosit sangat rendah maka perlu pengobatan dari dokter, bahkan dalam kondisi kritis bisa dilakukan pembedahan.

    Oleh karena itu ada baiknya ibu memeriksakan anak ibu secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab trombositopenia tersebut karena penyebab yang mana dan mendapat terapi jika memang berdasarkan hasil pemeriksaan memang diperlukan. Apalagi kadar trombosit anak anda termasuk rendah yaitu hanya sebesar 19.000.

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Campak, Tetapi Kadar Trombosit Rendah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.