• Assalamualaikum dok..
    Dok,  saya mau tanya tentang penyakit kulit saya.. Pertama di kulit saya timbul bintik-bintik merah di bawah pusar.  Saya kira ini hanya penyakit kulit biasa yang bisa sembuh dalam 2 hari saja eh ternyata lama kelamaan penyakit ini malah menyebar keselangkangan dan nimbul seperti bentuk herpes gitu dok.

    Rasanya gatal setelah digaruk menjadi panas dan nyeri sekali.  Saya minta jawaban dari dokter karena ini sudah 1 bln lebih dok ?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik – bintik merah pada kulit merupakan salah satu keluhan umum yang bisa terjadi pada banyak penyakit kulit sehingga diperlukan informasi mengenai karakteristik bintik merah tersebut secara lebih jelas. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Infeksi jamur misalnya karena tinea korporis dan juga candidiasis bisa menyebabkan keluhan bintik merah disertai rasa gatal yang cukup hebat. Kelembaban kulit yang berlebihan misal karena keringat dapat mencetuskan dan memperberat keluhan bintik merah. Kebersihan kulit yang kurang terjaga juga menjadi salah satu faktor resiko infeksi jamur.
    • Herpes zoster merupakan penyakit infeksi virus yang juga dapat menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa panas. Herpes zoster diawali oleh keluhan demam di awalnya, badan meriang, nyeri sendi dan lain sebagainya. Bintik merah pada herpes zoster terjadi hanya pada satu sisi tubuh (unilateral).
    • Dermatitis alergi juga dapat menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa gatal. Jika digaruk lama kelamaan akan timbul rasa perih. Keluhan ini makin lama bisa makin meluas.
    • Penyebab lainnya

     

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Gatal seperti Herpes

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.