• Saya kenak ini dok Tinea kruris. Penyakit ini akibat infeksi jamur yang menyebabkan keluhan gatal. Keluhan lain yang muncul antara lain adanya bercak merah dengan bagian tepi lesi lebih aktif (merah) dan bagian tengah lebih menyembuh (sewarna dengan kulit). apakah penyembuhan nya dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebelum menjawab bagaimana pengobatan dari tinea kruris, saya ingin memastikan kembali apakah benar yang anda alami adalah tinea kruris bukan karena sebab lainnya. Sebaiknya anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam penegakan diagnosis yang justru akan memperberat keluhan yang anda alami.

    Tinea kruris merupakan penyakit kulit akibat infeksi jamur yang mengenai paha bagian dalam, daerah sekitar kelamin, dan bokong. Keluhan yang muncul berupa ruam merah yang umumnya berbentuk melingkar dan sangat gatal. Pengobatan tinea kruris bisa dengan obat anti jamur yang dijual bebas, bisa dalam bentuk krim, salep dan lainnya. Umumnya obat antijamur yang diberikan antara lain ketokonazol, griseofulvin dan lain sebagainya. Namun selain pengobatan dengan medikamentosa, yang terpenting adalah mencegah agar penyakit ini meluas dan berulang kembali dengan cara menghindari keringat berlebih, hindari penggunaan pakaian yang tebal atau terlalu ketat terutama dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya jangan berbagi peralatan pribadi, seperti handuk atau pakaian, selalu gunakan pakaian yang bersih, segera ganti pakaian yang telah digunakan untuk berolahraga dengan pakaian yang kering dan bersih, ganti celana dalam dua kali per hari serta jaga kebersihan tubuh dengan mandi yang teratur.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Penyakit Gatal Jamur Tinea Kruris

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.