• dok, saya punya penyakit gatal, tapi saya nggak tahu penyakit gatal apa namanya dan penyebabnya?,sebenarnya saya punya fotonya tapi saya nggak bisa menyisipkan lewat ini. penyakit gatalnya itu kemerah-merahan hampir merata di seluruh lengan, punggung dan paha. kadang biasanya setelah mandi itu gatal-gatal padahal saya sudah pakai sabun antiseptik, nggak hanya setelah mandi saja tetapi siang ataupun malam kadang gatalnya kambuh. tolong dok itu penyakit apa? dan apa solusinya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal dan kemerahan pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum terjadi pada banyak penyakit kulit yang bisa dirasakan oleh hampir tiap individu. Perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami mengingat banyaknya penyakit kulit dengan gambaran klinis yang sama.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Infeksi akibat jamur bisa menyebabkan gatal disertai bintik atau bercak kemerahan.
    2. Infeksi parasit misal skabies memiliki keluhan yang hampir mirip dengan keluhan yang anda alami berupa rasa gatal dan adanya bintik merah yang menyebar di tubuh. Namun ada beberapa tempat predileksi atau tempat yang paling sering timbul gejala seperti sela jari tangan, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi virus juga bisa menyebabkan keluhan bintik kemerahan yang bisa disertai gatal.
    4. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    5. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    6. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Penyakit Gatal Kemerahan, Apa Penyebab dan Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.