• Dok, Saya ingin bertanya Ibu saya yang berumur sekitar 45 tahun sudah lama sakit dan baru di ketahui setelah sekitar 2 tahun karena pada perut ibu saya mengalami perubahan yaitu membengkak karena ginjal nya sudah bocor, tetapi tidak terjadi pembengkakan di area tubuh lainnya hanya perutnya saja dan ginjal satunya masih bagus sekarang keadaan perutnya sudah semakin membesar dan berat badannya pun menurun hingga sekarang kurus, kami hanya mengobati nya dengan obat herbal tetapi belum juga ada perubahan, ibu saya juga mempunyai darah tinggi dan sedikit susah tidur, apakah baik jika di operasi dan di ambil ginjal nya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pembengkakan pada perut ibu anda kemungkinan adalah ascites. Ascites merupakan penumpukan cairan pada perut akibat beberapa hal misalnya penurunan kadar protein dalam darah, ataupun sebab lainnya. Ascites bisa menjadi gejala gangguan di ginjal. Jika ibu anda sudah dipastikan mengalami gangguan di ginjal sehingga ginjal tidak bisa melakukan kerjanya untuk menyaring zat – zat bermanfaat termasuk protein, maka banyak protein yang terbuang lewat urin. Hal ini menyebabkan penumpukan cairan di jaringan tubuh salah satunya di perut.

    Terapi untuk gangguan ginjal ada banyak jenis, bisa dengan obat – obatan, cuci darah maupun tindakan operatif. Namun hal ini tergantung dari jenis gangguan ginjalnya, tingkat keparahannya, dan faktor penentu lainnya. Sebaiknya anda memeriksakan diri ibu anda kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang yang tepat (misal tes fungsi ginjal, dsb) sehingga bisa ditentukan terapi yang tepat. Peningkatan tekanan darah (hipertensi) bisa memperberat kerja ginjal dan mempercepat progresifitas penyakit. Untuk itu lagi – lagi saya ingatkan untuk segera periksakan ibu anda ke dokter. Pengobatan herbal sebenarnya boleh anda lakukan namun sebaiknya tetap diwaspadai agar pengobatan yang diberikan tidak memperberat kerja ginjal. Seringkali kondisi pasien terlambat ditangani oleh dokter akibat terlalu lama dibawa ke pengobatan alternatif tanpa ada perbaikan berarti.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Ginjal Bojor atau Sindrom Nefrotik

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.