• Bahayakah menikah dengan orang yang mempunyai penyakit kesulitan pembekuan darah dan apakah bisa menurun ke anaknya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kesulitan dalam pembekuan darah bisa disebabkan oleh beberapa macam penyakit antara lain karena:

    1.       ITP atau idiopatik trombositopenia purpura. Terjadi penurunan kadar trombosit darah yang menyebabkan darah susah membeku.

    2.       Hemofolia, terjadi akibat kekurangan faktor pembekuan darah VIII atau IX. Penyakit ini merupakan penyakit gangguan pembekuan darah yang cukup sering dijumpai.

    3.       Penyebab lainnya

    Yang harus dipastikan adalah apa sebenarnya penyebab keluhan pembekuan darah tersebut, apakah benar karena hemofilia atau karena sebab lainnya.

    Orang tua yang menderita Hemofilia bisa menurunkan penyakit ini pada anaknya, baik anak sebagai pembawa gen hemofilia (karier) atau memang benar – benar terdiagnosis hemofilia. Karier hemofilia artinya individu tersebut memiliki gen hemofili namun tidak menunjukkan gejala hemofilia.

    Bila di dalam keluarga ada  yang memiliki riwayat hemofili, maka ada berbagai cara atau metode untuk membantu mendiagnosis apakah anak yang dilahirkan juga terdiagnosis mengidap hemofilia atau tidak. Pemeriksaan – pemeriksaan ini dapat dilakukan sebelum dan selama kehamilan, atau bahkan sesudah anak lahir. Pada saat perencanaan kehamilan, pemeriksaan genetik juga bisa membantu memprediksi kemungkinan penyakit ini akan diturunkan. Caranya adalah dengan memeriksa sampel darah atau jaringan pasangan untuk mengetahui adanya perubahan genetik yang mengarah pada hemofili. Hal ini bertujuan agarnya dapat memprediksi besarnya resiko penularan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Hemofilia Kesulitan Pembekuan Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.