• Dok ibu saya umurnya 45 tahun. Dia sering mengalami sakit pada ulu hati disertai dengan detak jantung besar dan sakit. Juga sesak nafas. Untuk menormalkan kembali detak jantung ibu saya harus bernafas sedalam mungkin. Hal ini sering terjadi minimal 1 jam sekali. Kenapa ya dok?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Yang paling sering adalah akibat gangguan di lambung, baik karena dispepsia ataupun adanya tukak pada lambung (ulkus gaster). Gangguan di lambung ini terjadi akibat peningkatan asam lambung yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal antara lain pola makan yang tak teratur, obat – obatan tertentu misal obat penghilang nyeri, alkohol, dan lain sebagainya. Keluhan yang muncul biasanya berupa rasa nyeri di ulu hati yang kadang disertai keringat dingin, rasa nyesak pada bagian ulu hati, kadang juga bisa disertai keluhan jantung berdebar dan lainnya.

    Namun keluhan ini menyerupai keluhan yang terjadi pada gangguan di jantung misalnya akibat serangan jantung atau penyakit jantung koroner. Keluhan nyeri pada penyakit ini berupa nyeri di bagian dada terasa tertekan atau panas atau seperti di timpah benda berat ataupun perasaan tak nyaman yang sering diduga oleh pasien sebagai sakit maag / lambung. Namun keluhan ini biasanya menjalar ke bagian lain misal lengan kiri, punggung, rahang dan lain sebagainya. Pasien juga sering mengalami keringat dingin, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan silakan periksakan ibu anda ke dokter jika memang keluhan sering dirasakan. Apalagi untuk individu usia di atas 40 tahun memang sebenarnya sangat disarankan sekali untuk melakukan skrining jantung dengan melakukan EKG. Hal ini penting untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Jantung pada Ibu-ibu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.