• Halo dok,,

    Apa perbedaan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan scabies lengkap dengan gejala klinis? Lalu berapa lama proses penyembuhan dari kedua penyakit kulit tersebut. Terima kasih

    Selamat sore,

    Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan scabies merupakan dua kondisi yang berbeda, baik dari penyebabnya ataupun gejala klinis yang ditimbulkannya. memang ada persamaan yaitu sama-sama di kulit dan sama-sama menimbulkan gatal serta keduanya bisa menular.

    Apa perbedaan scabies dan jamur?

    Penyakit Skabies

    scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh semacam kutu yang memiliki nama sarcoptes scabiei. 

    Gejalanya berupa rasa gatal yang terutama terjadi pada malam hari, menimbulkan luka atau bintik-bintik kecil pada kulit yang terkena, terkadang bisa meluas dan bernanah. Skabies seringkali menyerang bagian kulit yang memiliki lapisan tipis seperti daerah perut, selangkangan, sela sela jari, dan daerah-daerah lipatan.

    Amati juga apa yang terjadi pada orang di sekitar Anda, misalnya keluarga dalam satu rumah atau teman yang tinggal dalam satu asrama atau kos-kosan. karena biasanya Penyakit ini mudah sekali menyebar, orang-orang di sekitar Anda sangat mungkin mengalami gejala sama (tertular atau menulari).

    Lebih lanjut, silahkan baca: Penyakit Scabies

    Penyakit Jamur Kulit

    Adapun penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, gejalanya berupa bercak pada kulit, seperti yang terbanyak yaitu panu yang menimbulkan bercak putih pada kulit disertai dengan sisik-sisik halus, contoh selanjutnya yaitu kurap yang menimbulkan bercak dengan batas yang tegas, daerah pinggir lebih aktif daripada tengah (central healing), dan kulit terlihat sedikit menimbul.

    Kedua jenis penyakit kulit akibat jamur ini menimbulkan rasa gatal terutama sewaktu berkeringat. berbeda dengan skabies gatalnya terutama malam hari.

    Karena penyebab skabies dan jamur adalah berbeda satu sama lain, maka obatnya pun akan berbeda, masa penyembuhan secara umum lebih lama jamur dibanding scabies namun banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Jika tidak diobati maka tidak sembuh-sembuh.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

     

Beranda Tanya Dokter Ciri-Ciri Skabies dan Jamur Kulit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.