• Assalamualaikum dokter.

    aku mau tanya dokter..

    aku punya penyakit kulit, dan aku juga gak pernah tau itu penyakit kulit apa? tapi terakhir aku ke dokter spesialis kulit, katanya aku punya penyakit dermatitis atopik.. yang aq heran. Penyakitku tak kunjung sembuh, kadang-kadang juga obat yang diberikan dokter gak cocok.

    ada yang cocok jg harus terus menerus minum obatnya dokter.. yang aku tanyakan obat apa dok buat hilangkan gatal ruamku??? trus kalau berkelanjutan juga gak papa dok??

    Mohon saranny.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit rata – rata memiliki keluhan yang hampir mirip satu dengan lainnya. Keluhan gatal pada kulit merupakan keluhan yang paling sering muncul. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena banyak hal antara lain sebagai berikut:

    • Xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    • Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    • Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    • Dermatitis atopik merupakan salah satu penyebab keluhan gatal. Penyakit ini berkaitan dengan faktor keturunan atau genetik. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun dapat dikontrol agar frekuensi kekambuhan tidak tinggi.
    • Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Jika memang yang anda alami karena dermatitis atopik maka sebaiknya pencegahan kekambuhan menjadi fokus terpenting dari pengobatan yang anda jalani. Silakan konsultasi secara langsung dengan dokter di tempat anda.

    Silakan baca artikel berikut ini”

    Dermatitis Atopik : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Penyakit Kulit Gatal Ruam Apa Obatnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.