• selamat siang dokter, saya mau bertanya ayah saya seorang buruh bangunan di suatu perusahaan yang bergerak di sektor pengadukan semen selama 1tahun, mulanya tidak terjadi apa-apa pada kondisi tubuh ayah saya selama bekerja,tetapi pada akhir bulan ini ayah saya menderita gatal-gatal dan bintik-bintik pada muka,leher dan tangan,malahan sekarang keadaannya semakin parah sampai-sampai mukanya memerah dan ada hitamnya. saya mohon dokter memberi solusi atas pertanyaan ini,saya sangat menyayangi ayah saya karena merupakan tulang punggung keluarga,meskipun saya baru berumur 11tahun tetapi saya sangat memikirkan keadaan penyakit ayah saya tersebut.Sekian dan terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal dan bintik – bintik pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan. Hampir semua penyakit kulit memiliki keluhan seperti ini sehingga perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat gambaran klinis yang dialami oleh tiap pasien agar dapat ditentukan diagnosis penyebab keluhan tersebut.

    Sebagai informasi untuk anda, ada banyak sekali penyebab keluhan gatal dan bintik – bintik pada kulit yaitu antara lain karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering, urtikaria atau akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit, dermatitis kontak iritan ataupun alergen dan lain sebagainya. Jika ada riwayat terpapar debu semen maka kemungkinan terbesar yang ayah anda alami adalah akibat dermatitis kontak alergen/ iritan akibat debu semen.

    Ada beberapa pengobatan untuk mengatasi keluhan dermatitis kontak, antara lain dengan pemberian obat anti histamin untuk mengurangi gatal dan juga bisa diberikan obat golongan kortikosteroid. Namun yang paling penting sebenarnya adalah dengan menghindari pajanan dengan faktor pencetusnya. Selama ayah anda terus kontak dan terpajan maka selama itu pula lah keluhan akan kembali muncul.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan ayah anda, silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Penyakit Kulit Dimuka Akibat Alergi Semen

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.